Kamis, 15 Oktober 2015

Alat - Alat Untuk Mengambil Bahan



ALat – Alat Untuk Menganbil Bahan 

   1.  Sendok 

Dapat dipakai untuk mengambil bahan padat dari dalam botol, untuk bahan cair bisa digunakan pipet penetes atau langsung dituang dengan hati-hati, sedangkan untuk bahan semipadat (ekstrak kental dan lemak-lemak) bisa digunakan spatel/sudip.

   2. Sudip 

Dari film plastik/mika dipakai untuk menyatukan, membersihkan serbuk atau salep dan memasukkan  dalam wadah.

   3. Batang pengaduk, 
 
Aduk larutan yang ada di dalam gelas kimia dengan batang pengaduk, lalu amati. Terbuat dari kaca tahan panas berfungsi utnuk mengaduk cairan kimia dalam gelas kimia. Aduk larutan yang ada di dalam gelas kimia dengan batang pengaduk, lalu amati.

   4. Pipet 


Cara menggunakannya yaitu dibersihkan, dikalibrasi, lalu dibersihkan dengan kertas isap. Lalu celupkan ke dalam larutan. Tekan pilernya lalu longgarkan.

   5. Spatula

Ambil bahan atau zat yang berupa padatan dengan spatula, kemudian letakkan di tempat menyimpan bahan seperti kaca arloji. Berupa sendok panjang dengan ujung atasnya datar, terbuat daristainless steel atau alumunium berfungsi untuk mengambil bahan kimia yang berbentuk padatan dan dipakai untuk mengaduk larutan. Ambil bahan atau zat yang berupa padatan dengan spatula, kemudian letakkan di tempat menyimpan bahan seperti kaca arloji.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar